- Karena sebagian besar dari kita tahu bahwa tautan adalah bagian penting dari SEO modern dan ini akan tetap berlaku di masa depan, sebaiknya pahami tidak hanya di mana kita saat ini, tetapi bagaimana kita sampai di sini.
Ini memberi kita fondasi yang lebih kuat untuk mendasarkan keputusan kita, dan ini membantu kita untuk melihat melalui BS ketika seseorang mendorong teori crackpot.
Mari kita gali bagaimana membangun tautan telah berkembang selama bertahun-tahun, dari sebelum Google ada hingga saat ini.
Pra-Google
Ketika kita berpikir tentang membangun tautan, kita sering berpikir tentang Google.
Google mengantarkan pembangunan tautan sebagai taktik pengoptimalan mesin pencari dengan penemuan algoritma berbasis tautan mereka, Backrub .
Tetapi bahkan sebelum Google menjadi kekuatan dominan mereka saat ini, pembuatan tautan memang ada - itu belum berperan dalam SEO.
Pada titik itu dalam sejarah, pembuatan tautan digunakan untuk mengarahkan pengunjung langsung ke situs web Anda daripada memanipulasi hasil penelusuran.
Saat itu, pemasar menggunakan taktik yang disebut cincin web di mana pemilik situs web menerbitkan halaman tautan ke situs web terkait lainnya.
Mereka melakukan ini karena berbagai alasan - untuk membantu diri mereka sendiri, orang lain dalam industri mereka, dan bahkan pengunjung karena terus terang, mesin telusur sedang lesu pada saat itu.
Orang benar-benar akan mengunjungi halaman ini secara khusus mencari situs web lain yang menarik dan berguna untuk dikunjungi.
Pada saat itu, sebenarnya tidak ada pembuatan tautan apa pun yang Anda anggap sebagai spam atau topi hitam.
Tidak hanya tidak ada Pedoman Webmaster, tetapi juga tidak ada insentif untuk membangun jenis tautan tersebut karena tidak akan berdampak apa pun.
Dan dari perspektif teknis murni, itu akan menjadi tidak realistis karena domain dan hosting relatif mahal menurut standar saat ini dan situs web dikodekan secara manual di Notepad. Otomatisasi hampir tidak mungkin.
Orang-orang mengambil pendekatan yang berpusat pada pengguna karena hanya itu yang penting saat itu.
Pembuatan Tautan Awal untuk SEO
Tampaknya gila untuk dipikirkan, tetapi suatu ketika, Google baru saja dimulai sebagai proyek penelitian oleh dua orang di perguruan tinggi.
Itu tumbuh dengan cepat dari sana dan mulai melahap pangsa pasar untuk akhirnya menjadi raksasa seperti sekarang ini.
Setelah pemasar mengetahui bahwa tautan masuk memengaruhi peringkat di Google, mereka langsung membangun atau memperolehnya dengan segala cara yang memungkinkan.
Hampir dalam semalam, membangun tautan berubah dari strategi yang memiliki manfaat langsung jangka panjang menjadi taktik yang dalam praktiknya, terutama hanya menawarkan manfaat tidak langsung.
Dan seperti taktik lainnya, kami menyalahgunakannya.
Kami menemukan setiap taktik yang mungkin untuk membangun tautan dan kemudian mengeksploitasi taktik tersebut dalam skala besar.
Akhirnya, ini menyebabkan Google meluncurkan pembaruan algoritma Penguin katastropik mereka , yang akan kita diskusikan nanti.
Untuk saat ini, mari kita uraikan taktik membangun tautan SEO awal.
Tautan Timbal Balik
Salah satu taktik membangun tautan paling awal yang digunakan untuk tujuan SEO adalah membangun tautan timbal balik , yang merupakan adaptasi dari konsep cincin web yang lebih lama.
Awalnya, pemilik situs web hanya akan menerbitkan halaman di mana mereka akan menautkan ke situs web lain sebagai imbalan untuk situs web yang menautkan kembali ke situs mereka.
Ini dengan cepat berkembang menjadi tautan yang dikategorikan dan daftar paginasi - pada dasarnya direktori miniatur.
Perangkat lunak khusus bahkan dikembangkan untuk mengelola taktik ini, yang mengotomatiskan sebagian besar alur kerja.
Pemilik situs web harus terlebih dahulu menempatkan tautan ke situs Anda dari situs mereka, lalu mengisi formulir di situs web Anda yang meminta Anda untuk menautkannya.
Di backend, bot akan mengurai kiriman mereka, memeriksa apakah situs web mereka terhubung ke situs Anda, dan kemudian mengirim info itu ke antrean untuk Anda tinjau dan publikasikan.
Bahkan ada komponen email ke banyak alat ini di mana Anda dapat mencari situs web tentang topik tertentu dan mengirim email massal kepada pemilik situs web tersebut meminta mereka untuk menautkan ke situs web Anda dengan imbalan Anda menautkan ke situs web mereka.
Perbedaan utama antara cincin web dan tautan timbal balik adalah bahwa cincin web hampir selalu ditautkan ke situs web lain yang sangat relevan, sementara tautan timbal balik sering kali menautkan ke situs web mana pun yang ingin menautkan kembali ke sana.
Taktik ini mulai menjadi kurang efektif setelah beberapa pemilik situs web mulai menolak untuk menautkan.
Mereka percaya bahwa menautkan ke situs web lain akan mengurangi ekuitas tautan mereka, jadi mereka mencoba membuat orang lain menautkan ke situs web mereka tanpa menautkan kembali ke mereka.
Beberapa melakukan ini secara transparan, hanya menyatakan bahwa mereka tidak akan menautkan ke situs web Anda.
Orang lain awalnya menautkan ke situs web mitra tautan hanya untuk menghapus tautan keluar beberapa waktu kemudian.
Tautan Direktori
Ketika saya masih kecil, kami memiliki buku telepon, ensiklopedia, dan kamus. Saat ini kami memiliki mesin pencari yang dapat memberikan jawaban yang benar untuk hampir semua pertanyaan dalam sekejap.
Di antara dua kerangka waktu ini, kami memiliki periode waktu di mana sumber-sumber informasi ini digabungkan.
Kami memiliki mesin pencari, tetapi tidak terlalu bagus. Kami juga telah mengkategorikan direktori yang dalam banyak hal mirip dengan buku telepon sekolah lama.
Seringkali, keduanya digabungkan menjadi satu portal, seperti yang kita lihat dengan Yahoo, AOL, AltaVista, dan banyak lainnya.
Pemilik situs web dapat mengirimkan situs web mereka untuk dimasukkan ke dalam direktori, atau pemilik direktori bahkan dapat menambahkan situs web tertentu hanya karena mereka memberikan informasi yang bagus.
Anda bisa melakukan pencarian di portal ini. Atau, jika Anda hanya ingin menjelajah, Anda dapat menavigasi ke kategori tertentu dan mulai mengklik tautan.
Tidak jarang menemukan diri Anda jauh di dalam lubang kelinci pada jam 4 pagi setelah menjelajah sepanjang malam.
Direktori yang tak terhitung jumlahnya bermunculan selama ini. DMOZ adalah salah satu direktori nirlaba terbesar saat itu. Mereka tidak memungut biaya untuk dicantumkan, tetapi Anda harus disetujui oleh moderator dan antreannya konyol.
Faktanya, beberapa orang menunggu bertahun-tahun untuk dicantumkan, dan dalam beberapa kasus, moderator akan mengabaikan kiriman apa pun dari pesaing mereka.
Yahoo! juga memiliki direktori tetapi dikenakan biaya untuk ditinjau. Mereka tidak menjamin daftar tetapi mengatakan mereka akan mengembalikan uang Anda jika Anda tidak terdaftar.
Ribuan direktori yang tak terhitung muncul dalam berbagai bentuk. Beberapa sangat ditargetkan, dengan fokus pada ceruk yang sangat kecil, sementara yang lain adalah direktori umum yang secara harfiah akan terhubung ke siapa pun yang bersedia membayar biayanya.
Ini dengan cepat berubah menjadi model bisnis mandiri di mana orang yang meluncurkan direktori baru kemudian akan mengirimkan URL mereka ke direktori yang ada untuk meningkatkan ekuitas tautan mereka - diukur dengan PageRank Google , atau PR, saat itu.
Setelah direktori mencapai skor PR yang wajar, orang lain dengan direktori baru akan mengirimkan direktori mereka untuk dimasukkan.
Segala sesuatu tentang internet adalah hal baru di masa-masa awal, jadi kami melakukan banyak hal yang mungkin dianggap aneh oleh orang saat ini.
Buku tamu adalah salah satunya.
Seperti namanya, buku tamu adalah tempat di mana pengunjung dapat meninggalkan catatan kepada dunia bahwa mereka telah mengunjungi situs tersebut. Itu adalah coretan versi digital, "Dave ada di sini!" di sisi sekolah Anda dengan cat semprot.
Pengunjung mengisi formulir dan tanggapan mereka dipublikasikan di buku tamu situs web itu agar dapat dilihat dunia. Awalnya itu adalah konsep yang menyenangkan tetapi dengan cepat disalahgunakan oleh pemasar.
Ini adalah salah satu taktik membangun tautan awal pertama yang mati, terutama karena itu menarik begitu banyak sampah.
Membangun Link Berbayar
Salah satu taktik yang bertahan dalam ujian waktu adalah membangun tautan berbayar, hanya karena berhasil. Ini juga jauh lebih efisien daripada penjangkauan dingin untuk tautan gratisPerlu juga dicatat bahwa saat ini, banyak situs web memerlukan biaya untuk ditautkan ke situs web Anda terlepas dari seberapa menakjubkan konten Anda.
Pada awalnya, orang akan membeli tautan dari situs web lain yang sangat relevan karena fokus utama mereka adalah menarik pengguna daripada memanipulasi peringkat.
Namun, seiring berjalannya waktu, mereka mulai membeli tautan dari situs web mana pun berdasarkan skor Peringkat Halaman yang tinggi. Semakin tinggi nilainya, semakin tinggi harganya.
Akhirnya, Google berhenti membagikan skor ini secara publik, memaksa pembeli dan penjual tautan untuk mulai menggunakan skor dari penyedia alat yang mencoba meniru rumus Peringkat Halaman.
Meskipun skor dari penyedia alat lain tidak sama dengan Page Rank dan tidak berarti apa-apa, mereka menawarkan metrik relatif untuk membandingkan otoritas situs web yang berbeda relatif satu sama lain.
Posting Komentar untuk "Pembuatan Tautan Awal untuk SEO"